Kriteria Penolakan Laporan Penelitian Tindakan Kelas Guru

BEBERAPA HAL YG PERLU DIPERHATIKAN

  1. LAPORAN HASIL PENELITIAN HARUS ASLI
  2. MASALAH YG DITELITI SANGAT DIPERLUKAN
  3. HARUS MENGIKUTI KAIDAH ILMIAH
  4. MASALAH PENELITIANNYA KONSISTEN 
  5. DENGAN KOMPETENSI PENELITI


 INDIKATOR KEASLIAN
  1. ADA KONSISTENSI ANTAR SEMUA BAGIAN YG ADA DALAM LAPORAN
  2. DALAM SATU TAHUN MAKSIMUM DIHASILKAN 2 KARYA PENELITIAN
  3. ADA PERBEDAAN YANG MENCOLOK  ANTAR KARYA YANG DIUSULKAN, DILIHAT DARI KUALITAS, CARA PENULISAN, BAHASANYA
  4. ADANYA KESAMAAN ANTARA KARYA  YANG DIBUAT DALAM WAKTU YANG BERBEDA, MIS. FOTO, DOKUMEN, BAGIAN ISI LAINNYA
  5. ADA KESAMAAN YANG MENCOLOK DENGAN SKRIPSI, TESIS ATAU DISERTASI, MUNGKIN KARYA YG BERSANGKUTAN ATAU ORANG LAIN
  6. ADANYA KESAMAAN YANG MENCOLOK DGN KARYA ORANGLAIN DARI DAERAH YANG SAMA
INDIKATOR KONSISTEN 
  1. PERMASALAHANYG DISAJIKAN TIDAK SESUAI DGN TUGAS  GURU YG BERSANGKUTAN
  2. KARYA PUBLIKASI ILMIAHNYA KADALUARSA
  3. PUBLIKASI ILMIAH YANG DIAJUKAN PERNAH DITOLAK , DISARANKAN UNTUK MEMPERBAIKI BELUM DILAKUKAN PERBAIKAN.
  4. PUBLIKASI ILMIAH DITOLAK, DISARANKAN UNTUK DIPERBAIKI, TETAPI MEMBUAT PUBLIKASI ILMIAH BARU DAN LEBIH BANYAK KESALAHANNYA.
Alasan Lain-Lain
  1. LAPORAN HASIL PENELITIAN CUKUP BAIK, NAMUN BELUM TERDAPAT PENGESAHAN DARI KEPALA SEKOLAH 
  2. HASIL PENELITIAN CUKUP BAIK, NAMUN TIDAK JELAS APA PERAN GURU Bimbingan koseling dalam penelitiannya.
  3. LAPORAN PENELITIAN CUKUP BAIK,NAMUN TIDAK JELAS PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENELITIANNYA.
  4. PUBLIKASI ILMIAH YANG DIUSULKAN TIDAK MEMENUHI KERAGAMAN (sesuai juklak/juknis)
ALASAN PENOLAKAN PTK
  1. TIDAK ADA KEJELASAN MENGAPA TINDAKAN DILAKUKAN,  DAN  PERAN HASIL EVALUASI DAN REFLEKSI UNTUK PENENTUAN SIKLUS BERIKUTNYA.
  2. TINDAKANNYA TIDAK TAMPAK ADANYA PEMBAHARUAN DARI PEMBELAJARAN YANG BIASA DILAKUKAN. PROSES TINDAKAN JUGA TIDAK TAMPAK,  HANYA MENEKANKAN PROSES. 
  3. (a) METODE PENELITIAN BELUM MENGEMUKA-KAN TAHAPAN TINDAKAN TIAP SIKLUS. (b) PADA LAPORAN HASIL TIAP PERTEMUAN/ SIKLUS BELUM MELAPORKAN DATA SECARA LENGKAP PERUBAHAN PADA SISWA, GURU ATAU KELAS, SERTA (C) PADA PEMBAHASAN BELUM ADA BAHASAN TERHADAP KESELURUH- AN HASIL PENELITIAN
  4. BEBERAPA LAMPIRAN PENTING BELUM DILAMPIRKAN SECARA LENGKAP


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel