Unduh Panduan Penulisan Buku Tahun 2018

Panduan Penulisan Buku Tahun 2018 - Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional  mengamanatkan, bahwa  Pendidikan Nasional  berfungsi  mengembangkan kemampuan dan  membentuk watak  serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Pendidikan Nasional bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Tujuan pendidikan nasional menekankan bahwa karakter lebih penting dan utama dalam pencapaian pendidikan di Indonesia. 
Panduan Penulisan Buku Tahun 2018
Panduan Penulisan Buku Tahun 2018

Oleh karena itu, Pembangunan karakter bangsa diarahkan  menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari upaya pencapaian visi pembangunan nasional sebagaimana tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Tahun 2005-2025, yaitu mewujudkan Indonesia sebagai bangsa yang maju, mandiri, dan adil sebagai landasan bagi tahap pembangunan berikutnya menuju masyarakat adil makmur dalam NKRI berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.  Untuk mencapai karakter bangsa yang diharapkan sebagaimana tersebut di atas, diperlukan individu-individu yang memiliki karakter sebagaimana yang kita harapkan. Oleh karena itu, dalam upaya pembangunan karakter bangsa, diperlukan upaya sungguh-sungguh untuk membangun karakter individu (warga negara). 

 Tujuan umum kegiatan Lomba Penulisan Naskah Buku untuk Guru Pendidikan Menengah (SMA/SMK)  ini adalah untuk menggali, mengembangkan, dan mendayagunakan potensi menulis di kalangan guru Pendidikan Menengah (SMA/SMK) serta mengarahkannya pada upaya penguatan pendidikan karakter.  Secara khusus, tujuan kegiatan lomba ini adalah untuk  memperoleh  naskah buku pengayaan pengetahuan, pengayaan keterampilan, pengayaan kepribadian, dan naskah buku panduan pendidik yang berkualitas untuk mendukung kegiatan pembelajaran pada jenjang pendidikan menengah. Dalam lomba ini, naskah buku nonteks pelajaran dikategorikan menjadi fiksi dan nonfiksi.


Artikel Terbaru :
Materi Inovasi Pembelajaran Unduh

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel