LK-8 Laporan best Practice Guru | Format Catatan Refleksi

LK-8 Laporan best Practice | Format Catatan Refleksi 

IN 4


LK-08 FORMAT CATATAN REFLEKSI

Tujuan
1.    Peserta melakukan refleksi untuk mengetahui tingkat kelebihan dan kekurang salama melakukan OJL
2.    Reviu RPP Unit ke 2
3.    Penyusunan Laporan Best Practice

Petunjuk:
1.         Melakukan refleksi untuk mengetahui tingkat kelebihan dan kekurang salama melakukan OJL dengan langkah sebagai berikut:
a.         Peserta dibagi kedalam beberapa kelompok yang beranggotakan 4 orang dalam satu kelompok.
b.         Secara mandiri peserta melakukan refleksi dengan menggunakan  LK-8,
c.         Peserta melakukan Curah Pendapat dan membuat kesimpulan di kelompok masing-masing terkait LK-8 ,
d.         Setiap kelompok mempresentasikan hasil dari kesimpulan ke depan kelas.
2.         Reviu RPP Unit ke 2 dengan langkah-langkah sebagai berikut:
a.         Peserta dan Guru Inti berdiskusi tentang teknik melakukan Reviu RPP berorientasi HOTS
b.         Peserta dibagi dalam kelompok dengan jumlah anggota maksimal 4 orang dan saling bertukar RPP antara satu kelompok ke kelompok lain berdasarkan pembagian dari Guru Inti untuk melakukan Reviu RPP dengan menggunakan LK-6.
c.         Peserta memberikan saran perbaikan dan mendiskusikan dengan Guru Inti terkait RPP yang di-Reviu
d.         Peserta melakukan perbaikan RPP berdasarkan hasil Reviu LK-6
3.         Penyusunan Laporan Best Practice
a.       Peserta dan Guru Inti berdiskusi tentang teknik melakukan Reviu RPP berorientasi HOTS
b.      Peserta secara mandiri melakukan identifikasi terhadapat kegiatan-kegiatan yang dilakukan selama In dan On untuk dijadikan dasar dalam penyusunan laporan Best Practice
c.       Peserta menyusun laporan Best Practice sesuai dengan rambu-rambu pelaporan

 LK-8 Format Catatan Refleksi


Rounded Rectangle: 1. Bagaimanakah penggunaan aspek HOTS, 5M, 4 Dimensi Pengetahuan dan Kecapakan Abad 21 di dalam RPP yang disusun?
           Sudah ada tapi masih ada yang kurang yaitu dalam mencantumkan penggunaan alat peraga belum lengkap di tuangkan di dalam RPP.
2. Bagaimanakah penggunaan aspek HOTS, 5M, 4 Dimensi Pengetahuan dan Kecapakan Abad 21 di dalam proses pembelajaran di kelas?
Sudah ada tapi masih ada yang tidak dilaksanakan yaitu Tahap proses pembuktian pada saat pembelajaran. ( Penguunaan alat peraga guru belum memberikan kesempatan pada siswa )
3. Apa kendala yang ditemui selama menerapkan pembelajaran beriorientasi HOTS?
Masih kesulitan dalam menerapakan tahap - tahap pembelajaran dalam penggunaan media pembelajaran terhadap siswa. 
  
 




R-8 Rubrik  Catatan Refleksi
Rubrik ini digunakan fasilitator untuk menilai hasil refleksi dari peserta.
A.      Langkah-langkah penilaian hasil kajian:
1.       Cermati tugas yang diberikan kepada peserta pembekalan pada LK-8!
2.       Berikan nilai pada hasil kajian berdasarkan penilaian anda terhadap hasil kerja peserta sesuai rubrik berikut!
B.      Kegiatan Praktik
1.       Penggunaan Aspek HOTS, 5M, dimensi pengetahuan  dan  kecakapan abad 21, sesuai RPP yang disusun.
2.       Penggunaan Aspek HOTS dalam proses pembelajaran dilaksanakan dengan baik.
3.       Penggunaan 5M dalam proses pembelajaran dilaksanakan dengan baik.
4.       Penggunaan dimensi pengetahuan dalam proses pembelajaran dilaksanakan secara runut dan baik.
5.       Penggunaan kecakapan abad 21 dalam proses pembelajaran dilaksanakan dengan baik.
6.       Menguraikan kendala selama menerapkan pembelajaran HOTS secara jelas.

Rubrik Penilaian:
Nilai
Rubrik
90 < nilai £ 100
Enam aspek sesuai dengan kriteria
80 < nilai £ 90
Lima aspek sesuai dengan kriteria, satu aspek kurang sesuai
70 < nilai £ 80
Empat sesuai dengan kriteria, dua  aspek kurang sesuai
60 < nilai £ 70
Tiga sesuai dengan kriteria, tiga aspek kurang sesuai
<60
Dua aspek sesuai dengan kriteria, empat aspek kurang sesuai




Link Unduh LK-8 Laporan best Practice Guru | Format Catatan Refleksi 

0 Response to "LK-8 Laporan best Practice Guru | Format Catatan Refleksi "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel